Menguak Sisi Lain Negara Surga Belanja Asia

VIVAnews - Surga belanja. Itulah julukan populer untuk Singapura. Bagi pencinta belanja, negara 'mungil' satu ini memang layaknya 'surga'.

Tetapi, ada yang berbeda dari Singapura di mata salah seorang mahasiswa asal Indonesia yang bersekolah di sana. Dia adalah Margareta Astaman. Menurut gadis yang akrab disapa Margie ini, tinggal di negara tersebut rasanya seperti 'Monopoli Hidup dan Mati', kalimat yang sama dalam salah satu judul bab buku terbarunya, 'After Orchard'.

Gadis berambut pendek ini menuliskan pengalamannya selama empat tahun menjadi mahasiswi jurusan jurnalisme di Nanyang Technology University (NTU), salah satu universitas terbaik di Singapura.

Buku setebal 193 halaman ini menampilkan sisi lain dari Singapura yang mungkin tidak banyak diketahui orang. Mulai dari bagaimana beban sekolah anak sekolah dasar, kompetisi ketat untuk mendapatkan label sukses, sulitnya mencari pacar di Singapura, hingga dikira hamil.

Sempat menumpang di kamar teman, karena poinnya ekstrakurikulernya kurang dan 'ditendang' dari asrama juga dialami gadis kelahiran 14 Desember 1985 ini. Meskipun cukup menyedihkan tetapi Margie menceritakan pengalamannya dengan cukup ringan. Keluhan tentang sulitnya untuk bisa 'bertahan hidup' sebagai mahasiswi dari negara seberang juga dilontarkannya dengan tidak cengeng.

Buku ini bisa menjadi acuan bacaan yang ringan dan menarik di akhir pekan. Pengalamannya ini bisa jadi modal buat para calon mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di negeri Singa agar tidak terkaget-kaget.

Margie sendiri merupakan lulusan dengan predikat teladan dari sekolah Santa Ursula, Jakarta. Saat berkuliah di NTU, ia menjadi mahasiswa Indonesia pertama yang termasuk Top 5 di School Of Communication. Ia sempat menjadi kontributor kantor berita Reuters dan saat ini bekerja sebagai Portal Executive untuk MSN.

'After Orchard' merupakan buku ketiganya. Sebelumnya, ia membuat buku 'Have a Sip of Margarita' yang merupakan kumpulan tulisan dalam blognya http://margarittta.multiply.com dan sebuah novel berjudul 'Cruise on You'.

0 Response to "Menguak Sisi Lain Negara Surga Belanja Asia"

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails
powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme